Perkembangan dunia terkini menghadapkan kita pada banyak realitas-realitas
baru. Disiplin ilmu dalam ilmu pengetauhan terbukti tidak bisa berdiri sendiri tanpa
disiplin ilmu yang lain. Integrasi antar disiplin ilmu inilah yang berusaha ditulis oleh
saudara Asrori dalam bukunya. Asrori menyebutnya sebagai pendekatan
multidispliner. Pendekatan ini berusaha membuat sintesis dari perspektif-perspektif
ilmu. Melalui bukunya berusaha memadukan pendidikan dan psikologi sebagai
sintesis ilmu pengetauhan dan menyajikan kerangka teoritis yang menguatkan
integrasi tersebut.
Pendekatan ini memang belum banyak mendapatkan perhatian, khususnya
dalam institusi pendidikan. Masih ada anggapan pendekatan multidisipliner adalah
pendekatan yang tidak jelas. Anggapan tersebut lahir karena pengkotak-kotakan yang
kaku. Buku ini berusaha mengulas bagaimana pendidikan membutuhkan psikologi
dalam proses transfer ilmu pengetauhan dan nilai-nilai etika-moral. Dengan berusaha
mengkompilasi teori-teori yang otoritatif, buku tersebut tersaji secara detail, sistematis
dan mudah dipahami. Penting bagi pegiat pendidikan untuk membaca buku tersebut