Guru merupakan peran fundamental dalam proses belajar mengajar, namun banyak masih banyak guru-guru yang belum memenuhi kualifikasi guru profesional. Peran kepala sekolah sangat penting untuk mendukung kegiatan pengembangan profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDS Sunan Kalijogo, (2) untuk mengetahui bentuk bentuk kepemimpinan kepala sekolah di SDS Sunan Kalijogo, (3) dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDS Sunan Kalijogo. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) diketahui bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru SDS Sunan Kalijogo Jabung dilakukan melalui beberapa hal diantaranya kepala sekolah berperan sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. (2) kepala sekolah SDS Sunan Kalijogo memiliki kecenderungan sikap yang mencerminkan ciri-ciri kepemimpinan yang menggunakan gaya demokratis. (3) hambatan yang dihadapi kepala sekolah SDS Sunan Kalijogo dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu kesejahteraan ekonomi yang kurang memadai serta sarana dan prasarana yang belum tercukupi.
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru