Pengertian potensi adalah suatu kemampuan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan. Potensi pasar berarti peluang penjualan maksimum untuk produk layanan tertentu selama periode waktu tertentu, katakanlah satu tahun. Maka tugas selanjutnya bagi calon pemimpin adalah bagaimana memanfaatkan potensi tersebut untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Potensi bisa menjadi kebiasaan atau perilaku jika dikembangkan melalui proses yang teratur. Potensi tidak dapat diciptakan jika manajer dan metode penanggulangannya tidak sesuai dengan metode dan teori yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1. Apa potensi pendukung dalam meningkatkan ekonomi para pedagang di desa Kemantren?. 2. Bagaimana sistem pengelolaan potensi di pasar tradisional desa Kemantren?. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi pendukung pasar tradisional dalam meningkatkan ekonomi para pedagang di desa Kemantren dan untuk mengetahui sistem pengelolaan potensi di pasar tradisional Kemantren.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan narasumber. Data sekunder diperoleh dari berbagai penelitian terkait jurnal, artikel dan buku. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dilakukan dengan cara memperoleh informasi secara langsung.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa potensi pendukung untuk meningkatkan ekonomi para pedagang dan masyarakat di pasar tradisional Kemantren yaitu waktu dan lokasi yang strategis, harga produk lebih murah dan barang yang dijual lebih beragam. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi para pedagang. Untuk sistem pengelolaan pasar desa Kemantren dikelola bersama dengan pihak desa, karena pasar tradisional Kemantren merupakan aset desa Kemantren.
Potensi, Pasar tradisional dan Peningkatan ekonomi.