Pentingnya memberi pengetahuan dan edukasi tentang juz amma dengan menancapkan ingatan anak didik pada ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan metode yang tepat bagi anak usia dini. Maka diperlukan strategi guru dalam membimbing anak menghafal juz amma. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Strategi komunikasi guru guna meningkatkan kemampuan menghafal juz amma siswa Kelas IV SD Negeri 3 Slamparejo jabung, dan 2) Untuk Mengetahui Solusi Guru Dalam Memecahkan Hambatan Siwa-siswi Untuk Menghafal juz amma siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Slamparejo Jabung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang telah diperoleh, peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan analisis deskriptif yang mendeskripsikan hasil temuan di lapangan terkait perencanaan, pelaksanaan pembelajaran menghafal juz amma.
Hasil penelitian strategi menghafal juz juz amma siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Slamparejo Jabung mencakup: Meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal juz amma, yang ke dua ialah dengan murojaah (mengingatkan kembali surat yang telah di baca), yang ke tiga selalu memberikan dampingan kepada siswa serta penerapan strategi komunikasi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz amma siswa kelas IV di SD Negeri 3 slamparejo jabung sebagai berikut: 1) Tawassul, 2) Memberikan tausyiah, 3) Klasikal bersama, 4) Setoran
Menghafal juz amma, Strategi komunikasi, Al – Qur’an.