Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk menigkatkan tata krama di sekolah pada siswa kelas XI SMK Multimedia Tahun Pelajaran 2021/2022. Kelas XI SMK Multimedia Tahun Pelajaran 2021/2022 dikategorikan mempunyai tata krama yang kurang baik, beberapa contoh yang menunjukkan pada perilakunya yaitu diantaranya berbicara jorok dan tidak sesuai dengan tata krama pegaulan di sekolah, berkelahi dengan teman, berbicara tidak sopan terhadap guru, dan terlambat masuk kelas tanpa permisi. Layanan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama diharapkan dapat merubah etika yang kurang baik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilaksanakan, layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama memiliki nilai keberhasilan siswa yang bisa dilihat dari hasil pretest dan postest bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat untuk meningkatkan tata krama di sekolah. Perubahan di atas sesuai dengan teori yang di kemukakan oleh Nana Sukmadinata “bahwa Sosiodrama selain mempunyai nilai seni, juga mempunyai nilai-nilai terapi”. Hal ini terbukti bahwa setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama “IH”, “FJ”, “MA”, “NI”, “AH”, “MK”, “BR”, “ZN” mengalami peningkatan tata krama di sekolah manjadi lebih baik setelah diberikan treatment. Pribadi seorang individu berkembang melalui proses bagaimana ia melakukan peranaannya dalam melakukan interaksi dengan orang lain. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan tata krama siswakelas XI Multimedia SMK Sunan Kalijogo Jabung Tahun Pelajaran 2021/2022.
teknik sosiodrama, tata krama, bimbingan kelompok