Disiplin merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Sikap disiplin tidak dapat muncul begitu saja tanpa adanya proses pendidikan. Oleh karena itu orangtua dan guru berperan penting dalam menanamkan perilaku disiplin terutama pada anak. Melalui proses bimbingan yang dilakukan terus menerus. Selain bimbingan yang perlu diberikan secara berkala, Hurlock juga menyatakan bahwa sepanjang masa kanak-kanak, penghargaan mempunyai nilai edukatif yang penting, maka dari itu penghargaan dalam teknik token ekonomi juga merupakan salah satu alat pendidikan untuk mendidik anak supaya senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan. Untuk itu setiap kali anak menunjukkan sikap disiplin maka mereka akan mendapat sebuah imbalan atau token yang dapat dikumpulkan dan kemudian ditukarkan dengan sesuatu yang berharga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke-efektivitas an bimbingan klasikal menggunakan teknik token ekonomi untuk meningkatkan perilaku disiplin peserta didik di SDN 1 Gading Kembar. Jenis penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian diberi perlakuan bimbingan klasikal dengan token ekonomi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Sedangkan jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penentuan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu membandingkan perhitungan rata-rata skor pretest-posttest dengan menggunakan uji-t paired. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara disiplin anak sebelum dan sesudah memperoleh perlakuan berupa bimbingan klasikal dengan teknik token ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest diperoleh skor 1146 dengan ratarata skor 76,4. Setelah diberikan treatment, peserta didik di tes kembali dan hasil posttest diperoleh skor yaitu 1278 dengan rata-rata 85,2. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara skor pretest dan posttest. Hasil uji-t paired menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai significant (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil pretest dan posttest, dan bimbingan klasikal dengan token ekonomi dapat meningkatkan perilaku disiplin peserta didik.
Disiplin, Bimbingan Klasikal, Token Ekonomi