SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Pembelajaran Pegon Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Di Kelas Satu Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung

Judul Skripsi : Pengaruh Pembelajaran Pegon Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Di Kelas Satu Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung
Penulis : Taufikur Rohman B P
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : pba
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Pembelajaran penulisan pegon memiliki banyak kesamaan dalam beberapa metode pada pembelajaran keterampilan menulis, hal ini dikarenakan banyaknya huruf-huruf pada tulisan pegon dengan tulisan bahasa Arab, sehingga dalam hal ini peneliti menemukan adanya peningkatan dalam penulisan Arab. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait hal ini, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pegon terhadap keterampilan menulis bahasa arab di kelas 1 Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Instrumen penelitian berupa angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sampel penelitian ini adalah santri kelas 1 sebanyak 30 santri. Analisis instrumen meliputi uji reliabilitas, uji normlaitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji deskriptif. Data di analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normlaitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji deskriptif, uji linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pegon berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis bahasa arab dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5.307> 2,049 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil sebesar 0,501 dengan prosentase pengaruh sebesar 50,1% yang berarti cukup. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pegon terbukti cukup efektif dalam keterampilan menulis bahasa arab pada penelitian ini. Sehingga pembelajaran pegon yang telah dilaksanakan di kelas I Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung dapat diterima dengan baik dan dapat terus diterapkan oleh guru saat proses pembelajaran dikelas selanjutnya.  

Kata Kunci / keywords:

Pembelajaran Pegon, Keterampilan Menulis Bahasa Arab

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang