Penelitian ini meneliti tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap penguasaan maharotul kitabah pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh serta efektifitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap penguasaan maharotul kitabah pada siswa kelas VII di SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang.
Metode kuantitatif non eksperimen dengan jenis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Karena ukuran sampel yang dipilih untuk mewakili populasi secara keseluruhan, yang terdiri dari 49 responden, dengan tabel error 5%, penelitian ini menggunakan probabilitas sampel. Namun, untuk analisis data, rumus regresi linear sederhana, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis digunakan.
Hasil penelitian ini adalah penguasaan maharotul kitabah di SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif teams games tournament dengan signifikan dilihat dari hasil uji yang telah dilakukan dengan nilai uji t H1 yaitu (10,193>2,012) yang berarti hiptotesis kerja diterima. Model pembelajaran kooperatif teams games tournament juga efektif dalam penguasaan maharotul kitabah di SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang dengan didukung oleh angka R2 yaitu 68,9% yang berarti memiliki pengaruh yang tinggi.
model pembelajaran, team games tournament, maharotul kitabah.