Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kaliogo Malang adalah partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab masih rendah, dapat dilihat dari ketika kegiatan mengajar berlangsung tidak seluruh siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya guru dalam menciptakan suasana kelas yang aktif. Dalam mengikuti pembelajaran sebagian siswa kurang termotivasi. Kurang optimalnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran seperti menjawab pertanyaan dari guru dan menaggapi pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Take and Give dalam maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang, dan untuk mengetahui kendala dalam proses implementasi metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian di analisis dengan menggunakan tekhnik analisis induktif. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan awal sebelum melakukan menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam adalah persiapan materi dan penyesuaian RPP. Yaitu dengan menentukan materi yang akan dipelajari oleh siswa, menjelakan secara singkat terkait materi, menjelaskan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan berkelompok atau individu untuk berdiskusi, membahas pertanyaan, memberi penjelasan dan ulasan secukupnya pada akhir pembelajaran. Adapun kendala dalam menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam yaitu, dalam proses pembelajaran materi masih terpacu pada buku paket atau LKS, keterbatasan waktu dan pembiasaan yang menyebabkan siswa tidak terbiasa dan kurang percaya diri dalam berkomunikasi, minim dalam penguasaan kosakata sehingga mempersempit komunikasi terkait materi yang ingin disampaikan dan diterima, keterbatasan dalam penglompokan siswa sesuai kemampuan akademik dalam pembelajaran maharah kalam.
Implementasi, Metode, Take and Give, Maharatul kalam