Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran kitab jurumiyah dalam meningkatkan pemahaman sintaksis pada santri kelas taqror di pondok pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. Dengan fokus penelitian bagaimana implementasi pembelajaran kitab jurumiyah dalam meningkatkan pemahaman sintaksis pada santri kelas taqror di pondok pesantren Sunan Kalijogo Malang, serta apa saja problematika dalam implementasi pembelajaran kitab jurumiyah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang didapat dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini dilakukan 3 alur yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini berupa implementasi pembelajaran kitab jurumiyah dalam meningkatkan pemahaman sintaksis pada santri kelas takror di pondok pesantren Sunan Kalijogo Malang memiliki beberapa tahap atau langkah-langkah dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah tersebut antara lain menyimak, memahami, menjelaskan ulang, mendiskusikan, dan evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Sedangkan metode yang diterapkan adalah metode taqroriyah, metode mubasyaroh, dan metode syawir. Untuk media yang digunakan ialah media kitab jurumiah dan papan tulis kapur.
Hasil kedua dari penelitian ini ialah problematika yang dihadapi oleh santri meliputi problem linguistik berupa minimia pemahaman tentang sintaksis, dan pemahaman non linguistik yang berkaitan dengan minat, kemampuan, dan pola, serta kebiasaan santri.
Implementasi Pembelajaran, Kitab Jurumiyah, Pemahaman Sintaksis