Fenomena bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Sunan Kalijogo Malang sangatlah menarik untuk diteliti, karena bimbingan kelompok telah diterapkan di SMA Sunan Kalijogo Jabung. hal yang menarik lainnya ialah secara umum kedisiplinan siswa di tingkat sekolah menengah keatas memang memberikan nilai yang kurang baik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 10 IPA 1 di SMA Sunan Kalijogo Jabung, Malang. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Kolaborasi antar siswa dalam kelompok menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran ide dan pengalaman, memperkuat komitmen terhadap aturan sekolah dan norma-norma yang ada. Metode yang digunakan, seperti diskusi kelompok kecil, permainan peran, studi kasus, dan bimbingan klasikal oleh guru BK, terbukti efektif dalam merangsang interaksi siswa dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kedisiplinan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa layanan bimbingan kelompok memainkan peran penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan dapat dianggap sebagai pendekatan yang efektif dalam memperbaiki perilaku siswa serta membangun budaya sekolah yang lebih disiplin.
Layanan, Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan, Siswa.