Penelitian ini mengkaji tentang hubungan bimbingan keagamaan dengan kedisiplinan santri asrama d di pondok pesantren sunan kalijogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan bimbingan keagamaan dengan kedisiplinan santri Penelitian ini dilatar belakangi oleh bimbingan keagamaan memiliki hubungan signifikan dalam membentuk dan meningkatkan kedisiplinan individu. Dengan menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan karakter yang kuat, serta memberikan motivasi intrinsik dan pengawasan, bimbingan keagamaan membantu individu untuk mengembangkan sikap kedisiplinan yang positif dalam berbagai aspek kehidupan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif corelasi. Berdasarkan hasil dapat dikatakan jika nilai signifikan > dari 0,05 maka dikatakan ada hubungan korelasi antara bimbingan keagamaan islam dengan kedisiplinan santri. Dari output diatas dapat dilihat bahwasanya dari output bimbingan keagamaan Correlation 0.456** lebih besar dari r tabel 0Sig. (2-tailed) dari kedisiplinan 0.000 kurang dari 0,05. Dan dari output kedisiplinan Pearson Correlation 0.456**, Sig. (2-tailed) 0.000. Maka dari hasil signifikasi korelasi antara hubungan bimbingan keagamaan (x) kedisiplinan (Y )dapat dikatakan ada korelasi satu sama lain.
bimbingan keagamaan dengan kedisiplinan santri.