SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bil Qalam Tahfidz Dan Tahsin (BTH) Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa Kelas Al- Qur’an A Di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Al-Asyhar Malang

Judul Skripsi : Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bil Qalam Tahfidz Dan Tahsin (BTH) Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa Kelas Al- Qur’an A Di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Al-Asyhar Malang
Penulis : SIti Nor Imamah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Prodi : bki
Angkatan : 3 (2020)
Tahun : 2024

Implementasi pembelajaran BTH sebagai sarana untuk meningkatkan religiusitas siswa di MI Tahfidz Al-Asy’har Malang berjalan lebih dari 9 tahun dengan menggunakan metode bilqalam, pembelajaran BTH bertujuan untuk mendidik generasi yang berakhlak qur’ani dengan religiusitas yang baik. Religiusitas dapat ditumbuhkan dengan cara melatih siswa untuk gemar dalam belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an serta membiasakan siswa untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mengenalklan siswa dengan ibadah yang wajib dan sunnah, seperti halnya sholat duha dan solat duhur berjamaah disekolah . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi pembelajaran BTH untuk meningkatkan religiusitas siswa kelas Al-Qur’an A di madrasah ibtidaiyah Tahfidz Al-Asy’har Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang mendeskripsikan semua peristiwa pada lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung, untuk wawancara peneliti memillih menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperoleh jawaban dari Narasumber. Berdasarkan hasil temuan yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwasanya pembelajaran BTH berjalan dengan efektif setiap hari selasa sampai sabtu dimulai pada pukul 6.30 WIB sampai 7.45 WIB untuk hari jum’at pembelajaran BTH selesai lebih awal yaitu pada pukul 67.30. dalam metode Bilqalam terdapat 4 nada untuk membaca Al-Qur’an sehingga siswa tertarik dan tidak bosan untuk mengulang-ngulang bacaan yang diajarkan guru secara terus menerus sampai bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pembelajaran BTH dapat meningkatkan religiusitas siswa, karena didalam pembelajaran BTH siswa diajarkan untuk mencintai Al-Qur’an dengan cara belajar membacanya setiap hari juga menghafalkannya dengan menggunakan metode Bilqalam dimana metode bilqalam ini mempunya berbagai nada untuk membaca Al-Qur’an jadi siswa akan lebih semangat dalam belajar.

Kata Kunci / keywords:

Kata Kunci: pembelajaran BTH, metode Bilqalam dan Religiusitas

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang