Self concept atau yang sering dikenali dengan konsep diri, merupakan sudut pandang atau perspektif dari masing- masing individu terkait dirinya sendiri. Konsep diri memiliki dua jenis yakni konsep diri positif dan negatif. MTs Islamiyah Sukopuro Jabung menerapkan bimbingan keagamaan Islam sebagai salah satu program yang harapannya untuk menjadikan siswanya memiliki konsep diri yang positif. Bimbingan Keagamaan Islam ialah bimbingan atau proses pemberian bantuan yang bertujuan untuk menambah wawasan serta sebagai pengembangan diri terkait spiritualitas atau keyakinan dalam agama Islam agar tercapainya kesejahteraan dalam hidupnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji apakah ada pengaruh bimbingan keagamaan Islam terhadap self concept siswa kelas 8C di MTs Islamiyah Sukopuro Jabung. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survei menggunakan SPSS 22, berupa analisis regresi linear sederhana yang digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh atau tidaknya bimbingan keagamaan Islam terhadap self concept. Hasil penelitian ini ialah nilai p= 0,000 yang artinya p= <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis data tersebut diperoleh nilai signifikasi 0,034 <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan Islam mempengaruhi self concept siswa kelas 8C di MTs Islamiyah Sukopuro Jabung, tentunya self concept yang diperoleh ialah self concept positif. Bimbingan keagamaan Islam mempengaruhi self concept siswa kelas 8C di MTs Islamiyah sebesar 32%, sedangkan 68% self concept dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Bimbingan keagamaan Islam, Self Concept, Siswa