Penelitian ini dilakukan terkait era peningkatan kinerja guru di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang, oleh kepala sekolah yang mengedepankan sifat kebersamaan dan kekeluargaan terhadap bawahannya. Itulah sebabnya, kepemimpinan kepala sekolah di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dikatakan Kepemimpinan Demokratis dan menitikberatkan pada kompetensi supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta membahas bagaimana pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tentang pengaruh gaya kepepmimpinan demokratis dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang .Jenis dari pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif yang merupakan metode dengan menggunakan data dan angka yang kemudian adanya penjelasan atau penjabaran dari hasil pengujian data dan angka tersebut.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya Kepemimpinan Demokratis (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 1,776 dengan nilai signifikansi 0,085, maka nilai signifikansi > 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai t hitung sebesar 1,914 dengan nilai signifikansi 0,065, maka nilai signifikansi > 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa H0 diterima H2 ditolak. Gaya Kepemimpinan Demokratis (X1) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah (X2) secara simultan tidak terdapat pengaruhi yang signifikan terhadap variabel Kinerja Guru (Y) dengan nilai uji F sebesar 2,171 dengan signifikansi 0,131, maka nilai signifikansi > 0.05 sehingga dapat diartikan H0 diterima dan H3 ditolak.
Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru