Keputusan memilih sekolah menjadi langkah awal yang harus dilakukan karena menyangkut masa depan siswa. Maka, alasan penelitian ini dilakukan agar dapat memotivasi kepala sekolah untuk melakukan promosi dan meningkatkan citra sekolah di lembaga yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah. Karena animo masyarakat yang menganggap sekolah swasta kurang unggul dibandingkan dengan sekolah negeri. Berdasarkan survei yang dilakukan di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang memiliki nilai akreditasi B.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pengaruh (regresi). Dengan jenis penelitian analisis deskriptif dilakukan dengan melihat nilai rata-rata pada masing-masing indikator variabel penelitian, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan menggunakan SPSS.Penelitian ini menggunakan sampel 114 responden yang merupakan siswa kelas 10 di SMK Sunan Kalijogo Jabung dengan tabel eror 5%. Adapum teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisi data menggunakan rumus statistik regresi linier berganda, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koifisien determinasi.
Hasil penelitian ini adalah keputusan memilih sekolah di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang dipengaruhi oleh promosi dan citra sekolah dengan signifikansi dilihat dari hasil uji yang telah dilakukan. Nilai uji t ha(1) yaitu (3,030>1,981) dan ha(2) yaitu (7,311>1,981), nilai uji F yaitu (), didukung dengan nilai R squer yaitu 71% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti dan 29% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kesimpulan dari hasil penelitian menegaskan bahwa promosi dan citra sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah dengan nilai T hitung > T tabel sebesar 3,030>1,981 dan taraf signifikansi 0,003 < 0,05 dan7,311> 1,981 dan taraf signifikansi sebesar 0,000<0,05. Promosi dan citra sekolah berpengaruh secara simultan terhadap keputusan memilih sekolah di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang didukung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
promosi, citra sekolah, keputusan memilih