SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik di SMK Diponegoro Tumpang Malang

Judul Skripsi : Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik di SMK Diponegoro Tumpang Malang
Penulis : Luluk Kurniawati
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : mpi
Angkatan : 2 (2019)
Tahun : 2023

Pembentukan karakter disiplin di lingkungan sekolah sangat diperlukan, karena seorang individu memiliki waktu yang cukup banyak untuk berada di lingkungan sekolah atau berada di luar lingkungan sekolah bersama teman-teman satu sekolah. Jenis perangkat gadget yang semakin beragam yang dibuat oleh berbagai perusahaan besar dan dilengkapi dengan aplikasi yang canggih yang dapat menyampaikan berbagai informasi tentang gaya hidup, hobi, media sosial, dan hiburan.
Fenomena tersebut dapat di tarik rumusan masalah “apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan penggunaan gadget terhadap karaker disiplin peserta didik”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan penggunaan gadget terhadap karakter disiplin di SMK Diponegoro Tumpang.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMK Diponegoro Tumpang. Cara penentuan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel issac michael, margin error yang ditetapkan yaitu 5% atau 0,05. Berdasarkan tabel isaac michael dari 639 siswa yang kemudian dibulatkan menjadi 650 populasi didapatkan sampel sebanyak 227 peserta secara systematic random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuesioner).
Hasil penelitian diperoleh hasil Thitung pengaruh lingkungan sekolah sebesar 7,358 lebih besar dari Ttabel yaitu 1,705 (7,358>1,705) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, Hasil penelitian diperoleh hasil Thitung pengaruh penggunaan gadget sebesar 7,316 lebih besar dari ttabel yaitu 1,705 (7,316>1,705) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, karakter disiplin peserta didik juga dipengaruhi oleh penggunaan gadget peserta didik. Hasil peneltian diperoleh hasil Thitung pengaruh lingkungan sekolah sebesar 7,316 lebih besar dari ttabel yaitu 1,705 (7,316>1,705) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, Lingkungan sekolah yang positif dan pengunaan gadget dengan baik dan positif juga berdampak positif kepada pesert didik.

Kata Kunci / keywords:

Lingkungan Sekolah, Penggunaan Gaget, Karakter Disiplin Peserta Didik

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang