Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah supervise akademik kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru dan mengetahui implikasi supervise akademik kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru di SMK Sunan Kalijogo Jabung. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer meliputi kepala sekolah dan guru, dan sumber data sekunder meliputi data riset kepustakaan serta dokumen-dokumen yang menunjang penelitian ini. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik penelitian data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu data collection, data display, verification/ conclusion/ drawing. Hasil penelitiasn ini menunjukkan bahwa langkah-langkah supervisi akademik dalam meningkatkan etos kerja guru meliputi pertama pembentukan tim supervisi melibatkan guru-guru senior. Kedua persiapan yang membahas aspek-aspek yang akan disupervisi meliputi pemahaman guru terhadap kurikulum perumusan KD dan KI, penyusunan RPP, metode pembelajaran dan penilaian. Ketiga pentuan jadwal pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan setiap semester. Keempat, penyusunan instrumen penilaian dengan standar ketentuan dari Kemendikbud. Adapun implikasi supervisi akademik adalah memberikan dorongan dan motivasi kepada guru agar disiplin dalam menjalankan tuga-tugasnya. Sehingga melalui prlaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan etos kerja guru. Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru adalah padatnya tugas kepala sekolah, kurangnya fokus pada satu tugas, kurangnya persiapan guru, keterbatasan sarana dan prasarana, dan luasnya lokasi sekolah.
Supervisi akademik, Etos kerja guru