SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran Dan Prestasi Akademik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Huda Jabung Malang

Judul Skripsi : Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran Dan Prestasi Akademik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Huda Jabung Malang
Penulis : Evi Filamita
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : mpi
Angkatan : 2 (2019)
Tahun : 2023

Manajemen kurikulum pendidikan sangat penting karena tanpa manajemen kurikulum, pendidikan tidak dapat berfungsi secara efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Maka, alasan penelitian ini dilakukan agar dapat memotivasi kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan pengelolaan kurikulum di lembaga yang disesuaikan dengan visi dan misi lembaga. Berdasarkan survei yang dilakukan di MI Miftahul Huda Jabung Malang memiliki mutu pendidikan yang baik dengan terakreditasi A.
Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif deskriptif. Peneliti harus mengunjungi langsung ke lokasi terkait keadaan dan kondisi kurikulum dan pembelajaran. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Penelitian ini menggunakan tiga teknik mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan melibatkan tiga langkah yaitu pemadatan data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification).
Hasil penelitian ini adalah manajeman kurikulum yang dilakukan di MI Miftahul Huda Jabung Malang memiliki Perencanaan untuk manajemen kurikulum mencakup kurikulum internal dan eksternal, Implementasi setiap semester sekali dengan meninjau rapor instruktur atau catatan guru yang dibuat selama proses pengajaran, dan Evaluasi meliputi evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi output.
Kesimpulan dari hasil penelitian menegaskan bahwa Perencanaan kurikulum, yang memerlukan mengadakan pertemuan (TIM INTI) untuk melakukan sosialisasi terkait pembuatan perangkat pembelajaran, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Implementasi Kurikulum Memasukkan prinsip-prinsip Islam ke dalam kurikulum memerlukan peninjauan kesiapan guru, menilai hasil pembelajaran sekali dalam satu semester, dan menerapkan kurikulum. dan Evaluasi meliputi evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi output. Hal tersebut guna memingkatkan mutu pembelajaran dan prestasi akademik siswa yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan madrasah.

Kata Kunci / keywords:

manajeman kurikulum, peningkatan mutu pembelajaran, prestasi akademik siswa.

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang