Kusniatun, Ni’mah. 2023. (“Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di MI NU Asrikaton Pakis”). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Penyusunan skripsi ini di latar belakangi oleh perkembangan pada siswa dan guru yang semakin tahun semakin bertambah yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan, pengaruh kinerja guru terhadap mutu pendidikan, pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MI NU Asrikaton Pakis.
Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Non Experimen. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan angket atau kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 19 dari 20 populasi dengan menggunakan rumus Isaac Michael dengan menetapkan margin error yaitu 5% atau 0,05. Adapun teknik analisis data yaitu dengan menggunakan model statistic dengan menggunakan uji regresi linier berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji T dan uji F.
Hasil penelitian diperoleh hasil Thitung pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah sebesar 2,263 lebih besar dari Ttabel 1,740 (2,263>1,740) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, Hasil penelitian diperoleh hasil Thitung pengaruh kinerja guru sebesar 1,751 lebih besar dari Ttabel 1,740 (1,751>1,740) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, Hasil penelitian diperoleh hasil Thitung pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah sebesar 1,751 lebih besar dari Ttabel 1,740 (1,751>1,740) dengan tingkat signifikasi 0,000<0,05 artinya secara statistic ha diterima, kompetensi manajerial kepala sekolah yang baik dan kinerja guru yang baik juga akan berdampak pada mutu pendidikan.
kompetensi manajerial, kepala sekolah, kinerja guru, mutu pendidikan