SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi di SMA Sunan Kalijogo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Judul Skripsi : Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi di SMA Sunan Kalijogo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang
Penulis : Fiego Radja Syawalsah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Prodi : kpi
Angkatan : 2 (2019)
Tahun : 2023

Lembaga Pendidikan SMA Sunan Kalijogo letaknya cukup strategis terhadap kalangan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya, Banyak dari peminat yang ingin bersekolah di SMA Sunan Kalijogo Jabung. Penelitian ini dilatar belakangi keberadaannya media sosial Instagram. Media sosial Instagram pada saat ini sangat membantu penggunanya dalam melakukan promosi malalui media sosial Instagram untuk meningkatkan daya minat terhadap objek yang dipromosikan. Fokus Penelitian membahas pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di SMA Sunan Kalijogo. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif analisis deskriptif. Hasil penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di SMA Sunan Kalijogo dalam memanfaatkan media sosial Instagram diantaranya ada tiga temuan yaitu: 1). Untuk Membranding SMA Sunan Kalijogo, yang dilakukan dengan cara memperkenalkan kegiatan yang dilakukan di sekolah melalui media sosial Instagram, 2). Untuk menarik minat peserta didik baru agar melanjutkan jenjang sekolah di SMA Sunan Kalijogo, dengan upaya memberikan informasi dan melayani terkait promosi Penerimaan Peserta Didik Baru, 3). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi melalui informasi sekolah, dilakukan dengan upaya memberikan informasi penting yang ada di sekolah malalui Instagram. Faktor mendukung dari pemanfaatan media sosial Instagram seperti beberapa akun lain yang andil dalam mempromosikan sekolah, salah satunya akun milik Yayasan Sunan Kalijogo, ada juga akun yang bergerak di dalam sekolah. Faktor hambatan pemanfaatan media Instagram seperti: 1). Waktu proses pembuatan konten, merupakan hambatan dalam proses pembuatan yang memerlukan waktu. 2). Kurangnya tenaga pengelola divisi, kurangnya tenaga kerja dan pengelola juga menjadi hambatan. Dari kedua hambatan tersebut dapat dilakukan dengan tindakan solusi seperti, menggunakan bantuan terhadap peserta didik dan alumni yang memiliki kemampuan di bidang editing vidio maupun pembuatan desain.

Kata Kunci / keywords:

Media Sosial, Promosi, Instagram

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang