Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta membahas bagaimana pengaruh Gaya Komunikasi Assertive Guru Seni Budaya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Sunan Kalijogo 02 Jabung. Jenis Penelitian ini apabila ditinjau berdasarkan tempat penelitian merupakan penilitian kuantitatif yaitu penelitian langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Penelitian kuantitatif adalah peneliti bekerja dengan angka, yang datanya bilangan (skor atau nilai peringkat, atau frekuensi yang dianalisis dengan menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan atau hipotesi penelitian yang sifat spesifik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Sunan Kalijogo 02 Jabung, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah gaya komunikasi assertive guru seni budaya terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 SMP Sunan Kalijogo 02 Jabung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa dengan sampel 117 siswa. Berdasarkan pembahasan dari hasil pengolahan data penelitian, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa Gaya Komunikasi Assertive Guru seni budaya tidak berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Sunan Kalijogo 02 Jabung. Variabel Gaya Komunikasi assertive memiliki t hitung sebesar 1,671 dengan nilai signifikansi 0,098, maka nilai signifikansi > 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa Ho diterima, artinya adalah komunikasi assertive (X) tidak berpengaruh terhadap Motivasi belajar (Y).
Gaya komunikasi guru, Motivasi Belajar