SejarahVisi MisiStrukturPimpinanPustakawanKerjasamaJam LayananPeraturan

Pengaruh Keunggulan Produk Tabungan Dan Penerapan Nilai-Nilai Islami Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bmt Al Hijrah Kan Jabung Syariah Jatim

Judul Skripsi : Pengaruh Keunggulan Produk Tabungan Dan Penerapan Nilai-Nilai Islami Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bmt Al Hijrah Kan Jabung Syariah Jatim
Penulis : Wardatul Islamiyah
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Prodi : pbsy
Angkatan : 2 (2019)
Tahun : 2023

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Keunggulan Produk dan Penerapan
Nilai-Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah
Jatim. Yang terdiri dari tiga rumusan masalah 1). Apakah Keunggulan Produk
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah
Jatim, 2). Apakah Penerapan Nila-Nilai Islam berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim, 3). Variabel manakah yang
paling dominan berpengaruh secara simultan antara keunggulan produk dan
penerapan nilai-nilai islam terhadap kepuasan nasabah di BMT Al-Hijrah KAN
Jabung Syariah Jatim.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan yaitu teknik random sampling atau secara acak. dengan jumlah
sampel sebanyak 99 nasabah. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 17 For Windows. Hasil
Uji t menunjukkan bahwa variabel keunggulan produk tabungan memiliki t hitung
sebesar 2,135 lebih besar dari t table yaitu 1,984 (2,135 > 1,984) dengan signifikansi
0.000. Artinya variabel keunggulan produk tabungan berpengaruh positif signifikan
terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan varibel penerapan nilai-nilai islami
memiliki t hitung sebesar 3,244 lebih besar dari t tabel yaitu 1,984 (3,244 > 1,984)
dengan signifikansi 0.002. Artinya variabel penerapan nilai-nilai islami berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari Hasil Uji F nilainya sebesar 8,534
> 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa keunggulan produk tabungan dan penerapan nilai-nilai islami secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim. Adapun sumbangan prosentase determinasi (R2) yang diberikan oleh variabel keunggulan produk tabungan dan penerapan nilai-nilai islami terhadap kepuasan nasabah memberikan kontribusi sebesar 72,9% sedangkan sisanya sebesar 27,1% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci / keywords:

keunggulan produk tabungan,nilai-nilai islami, dan kepuasan nasabah

Alamat IAI & kontak IAI

Tautan IAI SKJ Malang