Buku ini berisi tujuh bab, yakni Bab I Konsep Dasar Psikologi
Pendidikan, membahas tentang hakikat psikologi pendidikan; dan
karakteristik perkembangan peserta didik. Bab II Sejarah Perkembangan
Psikologi Pendidikan membahas tentang psikologi pendidikan sebagai
bagian dari filsafat; psikologi pendidikan sebagai ilmu dan ilmu
yang mandiri; tokoh-tokoh penting dibalik perkembangan psikologi
pendidikan; dan perkembangan lebih lanjut psikologi pendidikan. Bab
III Karakteristik Psikologis Peserta Didik membahas tentang individu
dan karakteristiknya; perbedaan individu; aspek pertumbuhan dan
perkembangan; tipe kepribadian; anak berkebutuhan khusus (student
diversity); dan pendidikan inklusi. Bab IV Teori-teori Belajar membahas
tentang teori belajar behavioristik; teori belajar kognitif; teori belajar
humanistik; dan teori belajar konstruktivistik