Kemandirian belajar merupakan suatu kegiatan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh individu atau siswa tanpa bantuan dari orang lain baik dalam mengerjakan materi ataupun memecahkan persoalan dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui pola asuh orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan kemndirian belajar siswa Raudhatul Athfal Al Marhamah Gunung Kunci Jabung Malang. Penelitian bersumber pada fenomena yang terdapat pada siswa Raudhatul Athfal Al Marhamah Gunung Kunci Jabung yang menunjukkan kemandirian belajar rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Untuk informasi Koesioner dihitung dengan memakai program SPSS 22. 0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan ialah Uji Corelation Product Moment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai koesioner kemandirian belajar, kuesioner pola asuh orang tua, observasi, dan dokumentasi selaku teknik pendukung.
Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan diperoleh tiga jenis perhitungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Hubungan pola asuh orang tua otoriter terhadap kemandirian belajar siswa Raudhatul Athfal Gunung Kunci kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil signifikasi 0, 000 dengan nilai rtabel > rhitung sebesar 0, 826 > 0, 381 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima artinya penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Al Marhamah Gunung Kunci Kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan yang siginifikan. Hubungan pola asuh orang tua demokratis terhadap kemandirian belajar siswa Raudhatul Athfal Gunung Kunci kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan signifikan dengan hasil signifikasi 0, 000 dengan nilai rtabel > rhitung sebesar 0, 826 > 0, 381 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima artinya penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Al Marhamah Gunung Kunci Kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan yang siginifikan. Hubungan pola asuh orang tua permisif terhadap kemandirian belajar siswa Raudhatul Athfal Gunung Kunci kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil signifikasi 0, 022 dengan nilai rtabel > rhitung sebesar 0, 440 > 0, 381yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima artinya penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Al Marhamah Gunung Kunci Kecamatan Jabung Kabupaten Malang memiliki hubungan yang siginifikan.
Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar